Senin, 26 Desember 2011

KEYWORD BAHASA C


KEYWORD BAHASA C

auto
auto dipakai untuk membuat variable sementara/temporere yang di ciptakan atas entry ke dalam blok dan akan dihancurkan saat keluar program.
Penggunaan auto sifatnya  opsional  karena seluruh variable  local  adalah berupa auto secara default.
break
break dipakai  untuk keluar  dari  loop  do,  for,  atau  while,  dalam kondisi suatu perulangan yang normal.  Dia juga dapat  di  pakai  untuk keluar  dari statemen switch. Saat  ada  penekanan  tombol  keyboard,  loop akan  selesai  tidak  peduli terhadap  nilai  x  berapa.  Dalam statemen  switch,  break secara  efective menjaga eksekusi program dari pembacaan case selanjutnya.
case
Lihat bagian switch.
char
char merupakan tipe data variable karakters. Missal  untuk mendeklarasikan ch sebagai tpe karakter adalah sebagai berikut :
char ch;
Dalam C,suatu karakter  mempunyai  lebar  1 byte.  Artinya jika anda akan mengassign  variable  bertipe  char  yang  lebih  dari  1  byte  ,  maka  hanya karakter pertama yang akan di assign dan sisanya tidak dipakai.
const
Peubah const menmberi tahukan pada compiler bahwa isi dari variable tidak dapat berubah. Juga menjaga  suatu  fungsi  untuk  memodifikasi  object  yang  ditunjuk  ke  suatu  argument,  cara deklarasinya adalah :
const int pass = 65;
continue
continue dipakai  untuk  mengirimkan  bagian  dari  kode  dalam loop  dan memaksa ekspresi kondisional untuk di  evaluasi.
default
default dipakai  dalam statemen switch untuk member sinyal  bahwa blok default akan di eksekusi jika tidak ada statemen yang benar dalam kondisi switch. Lihat bagian switch.
do
loop do adalah salah satu dari 3 loop yang ada dalam bahasa C. Bentuk umum dari loop  adalah :
do {      statement block } while (condition);
Jika hanya satu statemen, maka kurung kurawal boleh tidak dipakai, loop ini akan mengulang selama kondisi bernilai benar. Loop  do merupakan salah satu loop dalam C yang selalu setidaknya mengeksekusi satu iterasi karena kondisi di periksa di bawah loop. Loop ini biasa dipakai dalam membaca file dari disk.
double
double merupakan tipe data untuk mendeklarasikan vaiabel dengan doubleprecision floating-point. Biasa dipakai dalam perhitungan matematika. Untuk mendeklarasikan  d menjadi bertipe double kita harus menulis kode seperti berikut :
double d;
else
Lihat bagian if.
enum
enum merupakan  type  specifier  yang  dipakai  dalam enumerasi.  Suatu enumerasi merupakan daftar dari suatu nama konstan integer. Contoh, kode mendeklarasikan enumerasi warna yang terdiri dari konstan 3  red,  green, dan yellow:
extern
Tipe  data  modifikasi  extern menyatakan  kepada  compiler  yang mendefinisikan variable yang diletakan dimanapun dalam program. Sering di pakai  dalam konjungsi dengan file yang terkompilasi secara terpisah, yang dapat berbagi seperti data global dan di-linked-kan bersama-sama. Contoh, jika  first dideklarasikan dalam file lain sebagai  integer,  dan akan dipakai dalam file lainnya, seperti terliat dalam contoh :
extern int first;
float
float adalah tipe data yang di pakai untuk mendefinisikan variable  floating.
for
Loop for mengijinkan inisialisasi  secara otomatis dari  instrument  variable counter, bentuk umumnya adalah :
for (initialization; condition; increment) {     statement block }
Jika  statemen  hanya  terdiri  dari  satu,  maka  kurung  kurawal  boleh  tidak dipakai.  Walaupun  for mengijinkan  sejumlah  variasi,  secara  umum inisialisasi  biasanya  dipakai  sebagai  counter  pada  variable  yang  akan mengawali  suatu  loop.  Secara  umum kondisi  berupa  pernyataan  yang berhubungan untuk memeriksa variable counter  apakah sudah mencapai terminasi  atau belum,  sedangkan increment  akan menaikan nilai  counter setiap iterasinya. Loop akan di ulangi  hingga kondisi  bernilai  salah,  contoh untuk mencetak hello sebanyak 10 kali :
for (t=0; t<10; t++) printf("Hello\n");
goto
goto menyebabkan  eksekusi  program melompat  ke  suatu  label  dalam statemen goto, perhatikan conroh berikut :
goto label; .. .. .. label;
Semua label  harus berakhir dengan tanda colon dan tidak memuat konflik dengan katakunci lainnya atau nama fungsi , contoh :
goto  lab1;     printf("wrong"); labl1:     printf("right");
if
Secara umum bentuk statemen if adalah :
if (condition)
 {
    statement block 1
 }
 else
 {   
 statement block 2
 }
If dengan statemen tungga boleh tidak memakai tanda kurung kurawal. else merupakan optional. Kondisi boleh berupa ekspresi. Jika ekspresi dievaluasi ke nilai selain dari  0,  maka blok statemen 1 akan dieksekusi; selain itu, jika ada, bok statemen 2 akan di eksekusi
int
int merupakan  tipe  data  untuk  mendeklarasikan  suatu  variable  integer, contoh :
int count;
long
long merupakan  tipe  data  modifier  yang  biasa  di  pakai  untuk mendeklarasikan suatu  variable long integer dan long double, cotoh :
long int count;

register
register merpakan  modifier  yang  diperlukan  untuk  suatu  variable  yang diurutkan  yang mengijinkan akses terhadapnya secara cepat. Dalam kasus suatu karakter atau integer dia biasa diartikan ke register, contoh :
register int i; wijanarto referensi 2010
short
short merupakan tipe  data  untuk  modifier  dan di  pakai  dalam variable bertipe small integers, contoh :
short int sh;
signed
signed merupakan  type  modifier  yang  tidak  umum di  pakai  untk  data seperti, signed char.
sizeof
sizeof  merupakan  katakunci  diaman  dia  uga  merupakan  compile-time operator  yang  mengembalikan  panjang  dari  variable  atau  tipe  precede.
statemen sizeof secara prinsip dipakai untuk menolong untuk mengenerate kode secara portable saat kode tergantung pada ukuran tipe data  built-in data types.
static
Kata kunci static dipakai untuk mendeklrasikan tpe data yang menyebablan keyboard  dalam  tipe  data  di  modifikasi  yang  menyebabkan  compiler membuat storage permanen untuk variable, contoh :
static int last_time;
static dapat   juga di  pakai  sebagai  variable global  yang terbatas dengan skop pada file yang di deklarasikan.
struct
Statemen  struct dipakai  untuk  memebuat  tipe  data  agregat,  disebut struktur karena dapat memiliki  anggota.
return
Statemen  return memaksa kembali  dari  suatu fungsi  dan dapat  di  pakai untuk mentransfer nilai ke rutin yang memanggilnya.
Untuk mengacu dapat dipakai operator tanda panah (->) atau titik (.) .
switch
Statemen switch merupakan statemen multi kondisi dalam C, yang doipakai untuk merute kondisi yang jumlahnya banyak.
EaTiap  statemen  mungkin  terdiri  dari  satu  atau  lebih  statemen.  Bagian default merupakan  optional.  Ekspresi  akan  mengendalikan  switch dan seluruh konstan case harus berupa tipe integral atau character.
switch dapat  bekerja  dengan  memeriksa  nilai  int-expression  terhadap constant.  Jika  ditemukan  dengan  segera,  maka  statemen  di  bawahnya dikerjakan.  Statemen  break  menyebabkan  pencarian  terhadap  konstan case lainnya.
typedef
typedef suatu pernyataan yang mengijinkan kita  untuk  membuat  nama baru dari tipe data yang sudah ada :
typedef type-specifier new-name;
typedef float balance;
union
union membuat tipe aggregate  dalam 2 atau lebih variable yang berbagi pada  lokasi  memori  yang  sama.  Bentuk  deklarasi  dan  cara  mengakses anggota sama dengan struct.
unsigned
unsigned adalah  peubah  tipe  yang  mengatakan  pada  compiler  untuk membuat variable menangani  hanya nilai  tipe unsigned (bilangan positive misalnya). 
unsigned int big;
void
void  merupakan  peubah  tipe  yang  utamanya  di  pakai  untuk mendeklarasikan fungsi  void (fungsi yang tidak mengembalikan  nilai). Dia juga dapat  dipakai  untuk membuat   void pointers (pointer  ke  void)  yang secara  generic  pointer  dapat  menunjuk  ke  tipa  apapun  dari  object  dan menspesifikasikan daftar parameter kosong.
volatile
volatile merupakan  peubah  yang  mengatakan  pada  compiler  bahwa variable  konstan  mungkin  akan  di  ubah  dengan  cara  implicit  yang  di definisikan dalam program.  Variabel  yang dirubah oleh hardware,  seperti real-time clocks, interrupts, atau input lainnya.
while
Merupakan bentuk perulangan seperti di bawah ini :
while(condition)
 {
     statement block
 }
jika terdapat  statement  tunggal  yang merupakan satu object  dari  while, boleh tidak memakai  tanda kurung kurawal.  Loop akan mengulang selama kondisi  bernilai benar.  Statemen while akan memeriksa kondisinya di  awal loop.  Dengan demikian,  jika kondisi  bernilai  salah saat memulainya,  maka loop tidak akan mengeksekusi seluruh statemen didalamnya. Kondisi dapat berupa suatu ekspresi.

Tidak ada komentar: