Kamis, 29 Desember 2011

online tool




NO.
NAMA PERANGKAT LUNAK
ALAMAT URL
STATUS PRODUK
DESKRIPSI
PEMANFAATAN
1
Delicious
http://delicious.com/
Free
Situs bookmarking social
Merupakan situs untuk menyimpan dan membagi bookmark/favorit online yang memungkinkan pengguna maupun orang lain yang diijinkan, untuk  mengakses bookmark dari komputer manapun yang terhubung ke Internet. Pengguna dapat menandai situs yang disukai, disimpan dalam situs online de.li.cio.us. Bila mau, pengguna dapat membagi bookmarknya untuk orang lain.
Situs atau perangkat lunak online ini sangat membantu produktivitas guru dan siswanya bila digunakan secara tepat. Guru dapat membuat account di situs Delicious dan membuat kategori bookmark untuk setiap konten atau topik bahasan tertentu. Karena bookmark ini tersimpan secara online, guru maupun siswa dapat mengaksesnya dari manapun asalkan terhubung ke internet. Bila perlu, orangtua siswa dapat juga diberi akses ke bookmark sehingga dapat mengikuti topik atau bahasan apa yang disajikan gurunya atau setidaknya memperoleh informasi sumber-sumber belajar yang perlu diakses anaknya.
2
Gliffy
http://www.gliffy.com
Free
Kolaborasi, diagram, pemetaan pikiran, brainstorming dan grafis mengorganisir situs. Gliffy adalah alat diagram dibangun menjadi sebuah kehadiran Web sosial. Antarmuka grafis tradisional penyelenggara mengambil tema sosial dengan memungkinkan pengguna untuk bekerja pada diagram secara bersamaan.
Alat berbasis web yang memungkinkan dengan cepat membuat diagram dan mengubah informasi kompleks menjadi gambar yang mudah dipahami. Fitur Revisi Control secara otomatis menyimpan salinan setiap kali dokumen disimpan, sehingga dapat melacak perubahan atau kembali ke versi sebelumnya.   
3
Google Docs





http://docs.google.com
Free
Web berbasis office suite
Jika Anda menggabungkan kegunaan dari sebuah office suite dengan fitur Web 2.0 dari alat seperti wiki, Anda berakhir dengan Google Docs. Ini bertindak sebagai pengolah kata, yang disampaikan melalui browser apapun, dengan fungsi kolaboratif dan wiki seperti mengedit.

Google Documents memudahkan untuk memungkinkan siswa untuk bekerja dalam kelompok, dalam lingkungan yang aman, dengan pelacakan guru.
Sebagai contoh, guru dapat membuat Google Doc di mana sekelompok dari lima siswa berkolaborasi. Setiap siswa log in dengan password, dan mengedit setiap dilacak dan mudah diikuti oleh orang lain yang telah ditugaskan untuk berkolaborasi pada dokumen.
Karena aplikasi Web berbasis, siswa dapat bekerja dari komputer manapun yang terhubung dengan internet, dan pekerjaan mereka secara otomatis disimpan. Ketika kerja kelompok selesai, dokumen-dokumen mudah dipublikasikan di Web, dimasukkan ke dalam blog atau disimpan dalam format kantor populer.
4
I-Google
http://www.google.com/ig
Free
Ini adalah halaman agregator untuk mengelola beberapa blog langganan, wiki dan podcast. Halaman agregator RSS memungkinkan pengguna untuk berlangganan ke blog Menyiapkan halaman RSS "feed." Berarti bahwa blog update, podcast distribusi, dll, secara otomatis dimasukkan ke halaman ini, sehingga pengguna tidak lagi harus mengunjungi halaman-halaman untuk melihat update.

Layanan berlangganan RSS seperti iGoogle dapat penghemat waktu besar. Setelah guru dan siswa memutuskan mana blog, wiki feed, podcast, dll, mereka ingin berlangganan, mereka membangun feed ini ke halaman iGoogle, dan update terjadi secara otomatis dari titik itu ke depan. Seorang guru dapat mengatur bagian dari iGoogle yang berlangganan feed khusus untuk berbagai gempa data, misalnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengikuti perkembangan informasi ini semua dalam satu tempat, menghindari kebutuhan untuk mengunjungi beberapa halaman Web untuk mengumpulkan data.
5
Jing Project
http://www.jingproject.com
Free
Jing adalah alat yang memungkinkan menangkap layar yang akan diceritakan dan disimpan sebagai film, yang termasuk real-time chatting. Jing memungkinkan pengguna untuk membuat Screencasts diceritakan terjadi sesuatu pada komputer mereka, kemudian berbagi mereka secara real time dengan chatting.
Guru dapat menggunakan Jing untuk membuat tutorial masalah matematika yang diselesaikan dengan komputer atau Web berbasis kalkulator ilmiah, tur diriwayatkan komponen baru untuk perangkat lunak, atau penjelasan metode pemecahan masalah di setiap daerah konten, misalnya. Selain itu, siswa dapat menggunakan Jing untuk menunjukkan penguasaan bahasa asing, ekspresi matematika, dll, dengan menciptakan sebuah film aktivitas komputer mereka, dan kemudian menceritakan penjelasan tentang proses pemecahan masalah mereka.
6
Meebo
http://www.meebo.com
Free
Meebo adalah Web berbasis instant-messaging sistem yang menggabungkan AIM, AOL Instant Messenger, MSN Messenger, Yahoo Messenger dan lain-lain. Menggunakan alat Web berbasis seperti Meebo utusan memungkinkan pengguna untuk menghindari keharusan untuk men-download klien chat. Yang paling penting, memungkinkan pengguna untuk mengakses semua account chatting mereka pada satu halaman Web.
Guru menggunakan alat-alat seperti Meebo untuk diskusi kelompok, meja bantuan, jam kantor virtual dan diskusi kolaboratif.

7
Notesake
http://www.notesake.com
Free
Notesake adalah alat mencatat secara online, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil catatan dalam browser Web dan mengaksesnya dari komputer manapun yang terhubung ke Internet. Membuat catatan pada terbang dan mereka ditandai dengan kata kunci, disortir, yang diselenggarakan oleh kelas atau proyek, dll
Pengguna bahkan dapat mencari dari dalam teks catatan.
Siswa dapat membuat, berbagi catatan, indeks dan pencarian - semua dari dalam browser Web. Siswa dapat mengurutkan catatan oleh kelas, proyek atau modul, dan bahkan membuat catatan bersama-sama dengan siswa lain. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengambil catatan yang hanya untuk mata mereka dan kata sandi yang dilindungi - atau memiliki satu set kelompok catatan yang diambil dan diedit dengan teman sebaya
8
Picnik
http://www.picnik.com
Free
Web berbasis mengedit foto dan situs tambahan. Picnik menawarkan gratis, Web berbasis mengedit foto, koreksi gambar, peningkatan gambar dan efek khusus.

Siswa yang tidak memiliki akses ke lebih tinggi-akhir perangkat lunak pengedit foto dapat menggunakan Picnik untuk melakukan editing foto dasar, dan menggunakan banyak foto-perangkat tambahan alat untuk membuat foto untuk portofolio digital, presentasi proyek, gambar bercerita, dll.
9
Remember the Milk
Free
Alat produktivitas yang menggabungkan Web, e-mail dan utilitas Web lain ke dalam organisasi untuk-do list.

Situs ini menyediakan free-to-do list dan task manager.
Guru dapat menggunakan situs ini untuk mengelola daftar proyek, menetapkan tugas "check-off," menetapkan tanggung jawab kelompok individu untuk siswa, dll Ini adalah Web 2.0 tugas yang menguasai dalam aplikasi berbasis Web. Siswa dapat mengakses daftar yang harus dilakukan dari ponsel mereka, mengelola tugas yang telah selesai, lihat entri kalender dan pengingat, dll.
10
Skrbl
http://www.skrbl.com
Free
Ini merupakan papan tulis brainstorm secara online.
Pikirkan Skrbl sebagai kertas grafik virtual atau papan tulis yang mungkin Anda gunakan dalam sebuah pertemuan untuk berbagai alasan.
Guru dapat menciptakan ruang Skrbl sebagai papan tulis kelompok, ruang diskusi, brainstorming sesi kelompok mahasiswa, dll. Guru juga dapat menonton sebagai siswa bekerja di luar masalah tim bersama-sama dan peta diagram pikiran.
11
Slideshare
Free
Ini adalah tampilan slide situs kolaborasi. Slideshare adalah tempat untuk berbagi slideshow seperti Microsoft Powerpoint dan Apple Keynote. Slide-upload dari komputer manapun dan bertempat di situs dalam format Adobe Flash. Hal ini memungkinkan presentasi untuk dibagikan dengan siapa saja dengan koneksi internet, tanpa harus benar-benar mengirim file bolak-balik antara pengguna. Aspek media sosial situs ini memungkinkan pengguna untuk melihat, mengomentari dan berinteraksi dengan slide dalam cara yang tidak mungkin dengan mode presentasi khas dari slide.
Guru dan siswa dapat memproduksi dan meng-upload tayangan slide yang dapat dilihat, dibahas dan bersama oleh pengguna lain. Seperti dengan media baru / alat Web 2.0, pengguna dapat mengatur langganan RSS sehingga mereka dapat memberitahu ketika tayangan slide baru di-upload pencocokan istilah bahwa kunci.
Berbagi tayangan slide online juga menawarkan sebuah forum terbuka bagi kelompok-kelompok untuk berkolaborasi dan membuat slideshow berdasarkan kecerdasan kolektif dan masukan seluruh dunia.

12
TeachTube
http://www.teachertube.com
Free
Ini adalah situs video-sharing social. TeacherTube adalah pendidikan sosial situs berbagi video - YouTube untuk guru. Pengguna dapat menonton, berlangganan, membuat dan berbagi video instruksional gratis.

TeacherTube adalah koleksi online dari rumah-tumbuh (dan beberapa profesional) konten video, bertempat di sebuah struktur situs Web yang dirancang persis seperti YouTube. Guru akan menemukan banyak pendek, video instruksional seperti "Teorema Pythagoras dalam 3 menit" dan Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berbagi video dari potongan Anda sendiri sehingga siswa instruksi Anda dapat melihat Anda menunjukkan pelajaran "Guru Aljabar rap.". Video yang bebas dan, seperti media baru yang paling / situs Web 2.0, pengguna dapat berlangganan dan diperbarui bila video baru di-upload yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, setiap kali seseorang upload video dengan kata kunci "ESL," pelanggan akan waspada. Sebagian besar video yang diunggah ke TeacherTube instruksional di alam dan fitur berlatih guru kelas. Situs ini juga menyediakan tutorial gratis dan panduan bagi para guru tertarik untuk membuat video mereka sendiri untuk meng-upload dan berbagi.
13
Twiddla
http://twiddla.com/
Free
Sebuah kolaboratif, browsing web utilitas. Memungkinkan pengguna untuk menelusuri situs Web bersama-sama dari lokasi manapun, mark up website, chatting di dalam website yang sedang diakses, dan sebagainya.
Siswa dapat bekerja pada proyek situs bersama-sama, atau guru dapat memimpin diskusi tentang sebuah situs web, sedangkan siswa isi dan perhatikan bagian-bagian tertentu atau teks / media dalam situs. Guru dapat menandai sebuah situs, dan perhatian khusus menunjukkan bagian-bagian tertentu yang siswa harus fokus.
14
VoiceThreat
Free
Situs ini memungkinkan kolaborasi, bercerita audiovisual. VoiceThreat adalah sebuah program yang menggabungkan yang terbaik dari tayangan slide foto tradisional, persentasi. PowerPoint dan podcast dan menggabungkan mereka menjadi satu alat yang kuat, cerita digital. Biasanya pengguna meng-upload foto dan kemudian kelompok berkolaborasi untuk menceritakan kisah di balik foto-foto ini.
VoiceThread adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi untuk presentasi, cerita, narasi, dll, pada topik apapun. Guru dapat menciptakan "voicethreads" bagi siswa untuk melihat dan berkontribusi, atau siswa dapat menggunakan alat ini untuk menghasilkan presentasi kelompok dan proyek. Para voicethreads yang disimpan secara online dan dapat dilihat publik jika penulis jadi pilihlah, atau disimpan secara pribadi dalam modus dilindungi password.

15
Wordle
http://www.wordle.net/
Free
Sebuah tempat untuk menciptakan word cloud. Wordle menghasilkan”word cloud” dari teks yang anda tulis disitus. Awan dapat mengambil berbagai layout, font, dan warna.
Wordle adalah situs menyenangkan untuk murid untuk memvisualisasikan, brainstorm, dan membuat dunia awan untuk mind map, proyek kolaborati, upaya kelompok belajar dan menguumkan usaha
16
Wikis
http://www.wikispaces.com/
Free
Ini adalah ruang online gratis untuk penerbitan kolaborasi mahasiswa. Halaman Wiki yang mudah mengedit halaman Web yang memungkinkan pengguna untuk segera mengetik dokuen dan telah mereka terbitkan dalam waktu dekat. Tidak seperti halaman Web tradisional, wiki tidak memerlukan transfer file yang mendalam atau bahasa kode HTML 
Wiki memungkinkan penerbitan individu atau kelopok dibuat, direvisi, dan diterbitkan dalam browser. Karena perangkat lunak tidak diperlukan selain browser itu sendiri, siswa dan guru dapat mengedit halaman wiki online mereka dari mana saja. Wiki dapat diatur sebagai pribadi, sehingga guru dan siswa hanya dengan password dapat melihat, mengedit situs, atau mereka dapat dilihat secara terbuka dan dapat diedit.

Tidak ada komentar: